Cara Flashing /Instal OS Lineage di Android 100% work

Panduan ini akan mengajarkan Anda bagaimana Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android. LineageOS adalah salah satu yang paling populer saat ini. Pembahasan ini akan menagajarkan kepada Anda bagaimana cara mem-flash ROM LineageOS ini ke android Anda. (Sumber : How to Geek )
  • sebelumnya Persiapkan Perangkat Anda dan Komputer dan lanjut ke langkah selanjutnya.
  • Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk memulai — termasuk apakah ponsel Anda Romnya bisa memadai.
  • Jadi, hal pertama yang pertama: apakah ponsel Anda kompatibel? Anda harus memastikan bahwa ada Lineage yang dirancang khusus untuk ponsel Anda, Buka saja Halaman unduhan Lineage, pilih pabrikan ponsel Anda, dan kemudian cari model/tipe Hp yang Anda gunakan. Jika ada di sana, Anda beruntung: Lineage mendukung telepon Anda.
Perlu disebutkan bahwa mungkin perlu sedikit riset jika ada beberapa varian ponsel Anda — seperti halnya dengan sebagian besar model Samsung Galaxy. Jika demikian, Anda ingin memastikan kode nama handset dan informasi prosesor cocok dengan ponsel Anda. Anda dapat menemukan info itu di halaman unduhan Lineage untuk ponsel Anda.

Setelah Anda mengonfirmasi bahwa Lineage benar-benar memiliki build untuk ponsel Anda, Anda harus memastikan komputer Anda memiliki semua yang diperlukan untuk membawa Anda ke tempat yang Anda tuju: ADB dan Fastboot. Kami memiliki panduan yang sangat baik untuk memulai dengan ADB, jadi disarankan membaca sebelum Anda mulai.

Baca : Cara Memasang dan Menggunakan ADB, Utilitas Android Debug Bridge
SElain itu, ada satu hal terakhir yang perlu Anda lakukan sebelum Anda melakukan/mem-flash Lineage ke ponsel Anda: bootloader yang tidak terkunci atau solusi yang kompatibel. Ini mungkin merupakan bagian yang paling sulit dari keseluruhan proses (tergantung pada model ponsel Anda), yaitu karena sangat sulit untuk menyiasati langkah-langkah keamanan yang diberlakukan pada banyak ponsel.

Jika ponsel Anda mendukung pembukaan kunci bootloader, itu akan menjadi cara termudah untuk melakukan ini, dan panduan ini beroperasi dengan asumsi bahwa ponsel Anda mendukung fitur ini. Jika tidak, seperti kebanyakan perangkat Samsung, penelitian lebih lanjut tentang model khusus Anda akan diperlukan.

Setelah persiapan Anda selesai, Anda siap untuk melakukan flashing.

Langkah 1#: Kumpulkan Unduhan Anda dan Aktifkan Mode Pengembang
Anda akan memerlukan beberapa alat, dan yang terbaik adalah teruskan dan kumpulkan semuanya sekarang. Berikut daftarnya:


TWRP: Pemulihan kustom. Ini adalah pilihan yang paling populer di luar sana saat ini, dan tersedia untuk banyak telepon yang berbeda. Anda perlu ini untuk berbagai macam flash semuanya.
Lineage OS: Sistem operasi yang sebenarnya.
GApps (opsional): Jika Anda ingin semua Googleyness yang menyertai Android, Anda harus menyiapkan paket GApps (Google Apps). Kami akan membicarakan lebih lanjut tentang itu di bawah ini.
File SU (opsional): Jika Anda ingin akses root, Anda harus mem-flash ini.

Berikut ini sekilas apa yang dilakukan setiap hal, mengapa Anda memerlukannya, dan cara mengambil yang tepat untuk ponsel Anda.

Unduh Team Win Recovery Project (TWRP)
  • TWRP adalah pemulihan khusus yang pada dasarnya diperlukan sebelum Anda dapat mem-flash Lineage (atau paket kustom lainnya).
  • Untuk mendownloadnya, pergilah ke Halaman TWRP, lalu klik tautan "devices".
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android

  • Ketikkan nama model ponsel Anda. Pastikan untuk memperhatikan di sini — mungkin ada perangkat dengan nama yang mirip, dan Anda ingin memastikan Anda sampai di sana dengan benar. Contoh kasus: Nexus dan Nexus 5x. Dua ponsel berbeda, dua pemulihan berbeda.
  • Setelah Anda memilih telepon, gulir ke bawah halaman ke bagian "Downlod Link", lalu klik tautan Primary american saja.
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
  • Kemudian, klik tautan untuk versi terbaru.
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Selanjutnya Ini akan membuka halaman baru, di mana Anda setelah mengklik tombol "Download twrp-.....img" untuk mulai mengunduh file.

Download Lineage Build
Karena Anda sudah menjelajahi situs web Lineage untuk ponsel tertentu, Anda sudah menyelesaikan sebagian pekerjaan di sini — ambil saja unduhan terbaru dan Anda siap melakukannya.
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Perhatikan versi Lineage mana itu, karena Anda akan memerlukan info itu jika Anda berencana untuk menginstal Google Apps
Unduh Google Apps (Opsional)
Jika Anda ingin mengatur ponsel Anda dengan akun Google Anda, memiliki akses ke Play Store, dan memanfaatkan semua fitur lain yang menjadikan Android seperti apa adanya dan apa yang dulu Anda gunakan, Anda akan membutuhkan Google Apps.

Buka halaman unduhan GApps dan pilih versi Lineage tempat  untuk versi yang berlaku.
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Dari sana, Anda akan bertemu dengan sejumlah pilihan: Platform, Android, dan Varian. Hal terpenting untuk sampai di sini adalah Platform. Versi GApps yang Anda flash harus sesuai dengan prosesor ponsel Anda! Jika Anda tidak yakin versi mana yang dijalankan ponsel Anda, Anda harus melihat melalui spesifikasinya. GSMArena adalah tempat yang baik untuk memulai.

Setelah Anda mengonfirmasi versi platform, dua lainnya mudah. Versi Android harus dipilih sebelumnya dengan benar, jadi pastikan saja. Dan untuk varian — ini hanya berapa banyak barang yang termasuk dalam paket. Nano dipilih secara default, tetapi kami sarankan menggunakan Micro atau yang lebih besar — gunakan dengan Penuh jika Anda menginginkan pengalaman yang paling seperti stok.

Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Setelah semuanya dipilih, ketuk tombol unduh dan simpan file.

Unduh SU (Opsional)
Terakhir, jika Anda ingin akses root setelah Anda mem-flash Lineage, Anda harus mengambil file SU yang sesuai dari sini. Pilih versi yang cocok dengan arsitektur ponsel Anda
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android

Aktifkan Mode Pengembang dan USB Debugging
Dengan semua unduhan Anda disimpan dan siap digunakan, Anda harus mengaktifkan Mode Pengembang dan USB Debugging di ponsel Anda.

Buka bagian Tentang ponsel Anda pada menu pengaturan, temukan Nomor Pembuatan, lalu ketuk nomor itu tujuh kali. Ini mengaktifkan menu Mode Pengembang.

Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Masuk ke menu baru ini, lalu aktifkan opsi "Android Debugging". Perhatikan bahwa jika Anda menggunakan perangkat Android yang lebih baru, Anda juga harus mengaktifkan fitur "OEM Unlocking".


Langkah 2#. Buka kunci Bootloader

Sekarang Anda memiliki semua yang diunduh, diaktifkan, dan siap untuk digunakan, sekarang saatnya untuk memulai langkahnya.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka kunci bootloader ponsel Anda. Kami sangat menyarankan untuk mencadangkan telepon Anda sebelum melakukan ini.

Saat Anda siap, sambungkan ponsel Anda ke komputer melalui USB, lalu navigasikan ke folder tempat file ADB dan Fastboot Anda disimpan. Anda harus membuka jendela Command Prompt atau PowerShell ke folder ini. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan Shift-klik kanan folder dan pilih perintah "Open PowerShell Window here".

Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android

Setelah terbuka, Anda harus memastikan perangkat Anda terhubung dengan benar. Ketik perangkat adb saat diminta, lalu tekan Enter. Seharusnya mengembalikan perangkat Anda dalam daftar perangkat yang terpasang.

Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Jika Anda belum pernah menggunakan ADB sebelumnya, lihat ponsel Anda. Seharusnya ada kotak dialog yang meminta izin untuk memberikan akses ADB. Centang kotak "Selalu Izinkan Dari Komputer Ini/Always Allow From This Computer", lalu ketuk tombol "OK".
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Jika adb menendang kembali "tidak berlisensi" pertama kali, coba lagi sekarang setelah Anda memiliki akses resmi ke ponsel Anda. Itu harus menunjukkan "perangkat" —ini artinya terhubung.

Sekarang, ketik perintah berikut dan tekan Enter:
adb reboot bootloader
Ponsel harus reboot ke bootloader. Setelah selesai reboot, ketikkan perintah berikut dan tekan Enter untuk membuka kunci bootloader:
fastboot oem unlock
Catatan: Ini akan mengatur ulang ponsel ke pabrik, jadi pastikan Anda telah mencadangkannya terlebih dahulu!

Anda harus mengonfirmasi di ponsel Anda dengan menggunakan tombol volume dan daya. Gunakan tombol volume naik untuk memilih opsi "Yes", dan kemudian tekan tombol power untuk konfirmasi.
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Dengan bootloader tidak terkunci, Anda sekarang siap untuk mem-flash pemulihan khusus.


Langkah 3#. Flash TWRP


Perangkat perlu waktu beberapa menit untuk memformat. Setelah selesai, Anda siap mem-flash TWRP. Dengan prompt perintah atau jendela PowerShell terbuka di folder tempat Anda menyimpan TWRP, ketikkan perintah berikut dan tekan Enter:
fastboot flash recovery <nameofrecovery.img>
Tentu saja, Anda akan mengubah <nameofrecovery.img> untuk mencocokkan file Anda — misalnya, milik saya adalah twrp-3.2.1-1-hammerhead.img. Jadi perintah penuh untuk saya adalah fastboot flash recovery twrp-3.2.1-1-hammerhead.img.
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Langkah ini seharusnya hanya memakan waktu beberapa detik.

Langkah 4#. Atur Ulang / Hapus partisi

Selanjutnya, Anda harus meluncurkan pemulihan yang baru saja Anda instal. Menggunakan volume rocker ponsel untuk menavigasi menu, temukan opsi "Mode Pemulihan/Recovery Mode". Tekan tombol Power untuk masuk pemulihan.

TWRP tidak perlu waktu lama untuk diluncurkan untuk pertama kalinya. Setelah diluncurkan, Anda harus meluncur untuk masuk ke layar pemulihan. Pada layar itu, ketuk tombol "Wipe", lalu ketuk tombol "Wipe Advanced".
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Centang opsi System, Data, and Cache options, lalu geser penggeser di bagian bawah untuk memulai penghapusan.
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Beri waktu untuk melakukan tugasnya, lalu reboot sistem menggunakan tombol di bagian bawah.


Langkah 5#. Flash Lineage, GApps, dan SU


Setelah reboot, dan ketika ponsel Anda kembali dalam pemulihan, Anda harus kembali ke jendela Command Prompt atau PowerShell di komputer Anda. Ketik perintah berikut dan tekan Enter:
adb push <nameoflineagebuild.zip> /sdcard
Perhatikan bahwa "sdcard" adalah apa yang Android sebut penyimpanan lokal. Anda tidak perlu kartu SD aktual di ponsel Anda untuk ini.
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Ini menyalin unduhan Lineage Anda ke penyimpanan lokal ponsel untuk melakukan flashing. Jika Anda memiliki GApps dan SU, Anda harus memindahkannya sekarang juga, menggunakan perintah yang sama, tetapi gantikan file-file itu.
adb push <gapps.zip> /sdcard
adb push <su.zip> /sdcard
Secara total, Anda harus memindahkan tiga file ke penyimpanan ponsel Anda (dengan asumsi Anda menginstal GApps dan SU).

Setelah selesai, ambil telepon Anda lagi. Pertama, ketuk tombol "Instal", lalu pilih  Lineage download Anda. Ini harus menjadi hal pertama dalam antrian!
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Setelah itu dipilih, ketuk tombol "Add more Zips", lalu pilih GApps. Ulangi proses untuk SU. Ketika Anda telah memilih semuanya, pastikan bagian atas membaca "3 dari maks 10 File antri."
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android
Catatan: GApps perlu diinstal sebelum boot pertama, jadi jika Anda tidak mem-flashnya sekarang, Anda harus memulai dari awal.

Dengan ketiga file yang dipilih, geser untuk mem-flash semuanya. Ini akan memakan waktu, jadi pantau saja untuk memastikan tidak ada kesalahan.

Langkah Enam: Boot dan Setel
Setelah flash selesai, Anda perlu me-reboot ponsel Anda sekali lagi.
Cara  Flashing /Instal  OS Lineage di Android

Silahkan masukan komentar Anda disini, dan Klik Emoticon untuk menambah emoji.. :D
EmoticonEmoticon